Rabu, 03 Desember 2014

PENGERTIAN AUGMENTED REALITY

Apa sih Teknologi Augmented Reality?

    Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.

    
    Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.


Sejarah teknologi Augmented Reality
   
   Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig, seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll.
  Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari Harvard University. Augmented reality dengan input berupa sensor GPS diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS, and VR technologies, pada tahun 1994.
mengenal teknologi augmented reality
Ilustrasi penggunaan dua jenis perangkat HMD yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi tambahan

   Pada tahun 1996, Rekimoto dalam karya ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk pertama kalinya. Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library pertama kali diluncurkan oleh Kato
   Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.
 

Arsitektur Teknologi Augmented Reality

Input
Input dapat berupa apa saja, contoh marker, gambar 2D, gambar 3D, sensor wifi, sensor gerakan, GPS, dan sensor-sensor yang lain.

Kamera
Kamera disini sebagai perantara untuk input yang berupa gambar, baik itu marker, gambar 2D maupun 3D.

Prosessor
Prosessor dibutuhkan untuk memproses input yang masuk dan kemudian memberikannya ke tahapan output.

Output
Dapat berupa HMD, monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll
mengenal teknologi augmented reality - arsitektur
arsitektur pada teknologi augmented reality

Penggunaan Teknologi Augmented Reality berbasis aplikasi handphone

Ada beberapa aplikasi handphone yang rata-rata untuk android dan iPhone yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini, untuk source code dan keterangan nya anda searching sendiri ya, karena yang saya bahas disini cuma basis aplikasinya supaya lebih paham tentang teknologi ini, jadi bukan lebih ke aplikasi nya langsung.
beberapa contoh aplikasinya yaitu:
  1. Wkitude
  2. Game: Sky Siege, Paintball Arena, dan Parallel Kingdom
  3. Car Finder
  4. Google Sky Map
  5. AR Soccer
  6. Aplikasi teknologi augmented reality AR-Soccer
    Keren nih buat yang terobsesi jadi pemain bola yang handal



    Berikut ini adalah contoh videonya



    Sumber : 
    http://martajasa.com/mengenal-tekonologi-augmented-reality.html

    http://rizkyadinegoro.blogspot.com/2012/10/pengertian-augmented-reality-ar-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar